Related Posts with Thumbnails

Sample Text

Definition List

Text Widget

Popular Posts

rss

Jumat, 01 Januari 2010

Home » Terlalu 'Telanjang', Pemindai Canggih Tuai Kontroversi

Terlalu 'Telanjang', Pemindai Canggih Tuai Kontroversi

aNnoarea, WASHINGTON - Uni Eropa terpaksa menunda pemasangan perangkat pemindai terbaru di beberapa bandara mereka. Perangkat ini terganjal permasalahan etika karena dinilai terlalu 'telanjang.'

Awalnya, pemindai canggih ini dimaksudkan untuk memperketat keamanan agar penyelundup tidak bisa menyusupkan barang terlarang ke kabin pesawat. Namun sebagian besar pengamat etika menyebut perangkat tersebut sama saja seperti 'menelanjangi' objek yang dipindainya.

Tak ayal, hal ini menimbulkan ketidaknyamanan para pengunjung bandara. Pasalnya, layar pemindai yang berada di hadapan petugas bandara menampilkan bentuk badan para penumpang dengan sangat jelas. Itu sebabnya, masih banyak negara di seluruh dunia yang berpikir ulang untuk memasang perangkat tersebut di bandara mereka.

Di AS, hingga saat ini tercatat sudah ada 19 bandara yang menggunakan teknologi pemindai tersebut. Sementara Uni Eropa masih mempertimbangkan berbagai hal untuk menggunakan teknologi senilai USD190.000 atau Rp1,7 miliar ini. Demikian keterangan yang dikutip dari The Hindu, Jumat (1/1/2010).

Kontroversi tersebut pada akhirnya mendorong parlemen AS untuk ikut-ikutan melarang penggunaannya secara massal. Melalui proses voting, lebih dari 70 persen anggota parlemen AS menyatakan untuk menunda pemakaian pemindai canggih tersebut sementara waktu karena alasan privasi.

Namun di sisi lain, ada juga beberapa pihak yang menyetujui penggunaan scanner tersebut. Dukungan terhadap penerapan teknologi ini salah satunya datang dari Kepala Asosiasi Pilot Belanda Evart van Zwol.

"Pemindai tubuh tersebut sangat membantu dalam hal pencegahan masuknya benda terlarang, termasuk bom ke dalam kabin pesawat," ujarnya.

Senada dengan Zwol, Transport Security Administration di AS pun menyebutkan sebuah bandara memerlukan teknologi pemindai yang canggih. Pasalnya, kini banyak benda terlarang yang tidak sanggup lagi terdeteksi oleh metal detector.
(rah)
Sumber : Okezone.com

Berita dan Informasi Ter-Update Lainnya
Bagi yang ingin memposting Lirik Lagu / Puisi / Pantun dengan mudah dan akan langsung terposting, silahkan langsung menuju ke sini   «« langsung ya diklik biar segera menuju TKP!

0 comments:


Posting Komentar